Subscribe:

Selasa, 24 Januari 2017

Tips Merawat Kerajinan Keramik

Tips Merawat Kerajinan Keramik

Hasil gambar untuk kerajinan keramik

          Pada zaman sekarang ini banyak kerajinan yang dibuat oleh jari lentik para pengrajin dengan berbagai bentuk dan bahan ya guys. Ada yang dari tanah liat, gips, lilin, serat alam, keramik, dan masih banyak lagi. Kegunaannya pun beragam. Bisa menjadi benda pakai maupun benda hias.
Nah biasanya kan dirumah ada hiasan miniatur – miniatur dari keramik tuh, yang namanya hiasan pastinya terkadang kotor kan. Nah aku kasih tips sederhana gimana cara merawat kerajinan keramik. Langsung simak aja dah.

1.    Cuci keramik dengan air sabun yang hangat, kemudian bersihkan keramik dengan lap hingga kering.

2.    Jangan pernah menumpuk peralatan keramik, sebab akan merusak warna dan motif pada keramik tersebut ya gengs. Dan juga pastikan ada ruang penataan antara keramik yang satu dengan yang lain. Hal ini berguna untuk menghindari gesekan pada keramik yang bisa saja menimbulkan lecet bahkan sampai retak lho.

3.    Selain dua perawatan diatas, dapat pula menggunakan belimbing wuluh. Itu loh buah belimbing kecil yang asem banget itu. Karena kadar asam yang tinggi pada belimbing wuluh mampu menghilangkan noda pada keramik. Tapi pilih belimbing wuluh yang sudah matang ya, tapi jangan terlalu tua juga agar khasiatnya maksimal karena semakin tua umurnya, kadar asamnyapun akan semakin kurang ya guys. Nah mau tau gimana caranya ? siapkan bahan – bahannya berupa belimbing wuluh, sikat plastik / sikat gigi, lap kering / basah juga bisa, sabun colek dan sarung tangan plastik. Kupas dahulu belimbing wuluh, gosokkan ke permukaan keramik secara merata, diamkan hingga 10 menit supaya kadar asamnya bekerja. jumlah belimbing wuluh tergantung luas permukaan benda ya, jadi dikira – kira aja. Setelah itu gosok keramik dengan sikat sampai semua noda terangkat. Lap keramik dengan lap basah / kering dengan agak ditekan ya. Dan jangan lupa pula hindari penggunaan air saat proses pembersihan, karena akan mengurangi kadar asam dari belimbing wuluh, karena kadar asam ini diperlukan mengembalikan kilau dan bersihnya keramik .


Nah cukup tips sederhana saja, semoga bermanfaat. Jika ada cara lain silahkan tinggalkan komentar  J.

0 komentar:

Posting Komentar