Subscribe:

Selasa, 31 Januari 2017

Tips Keselamatan di Dapur


Hasil gambar untuk dapur

          Eits. Setelah membaca  judul diatas, jangan sepelekan ya. Bagaimanapun kita harus menjaga keselamatan dimana dan kapanpun agar tehindar dari marabahaya sekecil apapun,
sebab sesuatu yang kecil bisa menjadi besar. Yaps jangan terlalu bertele – tele lah langsung saja simak tips berikut :

1.    Pastikan semua pisau tajam. Kenapa harus memastikan pisau selalu tajam ? bukannya pisau tajam malah lebih berbahaya ?. yaps mungkin anggapan seperti itu ada benarnya juga. Tetapi, pisau tajam lebih aman dan tidak membutuhkan tenaga lebih untuk menekan dan menghindari meleset saat pemotongan ya. Meskipun begitu, kita harus hati – hati menggunakan benda yang satu ini. Jauhkan pula dari jangkauan anak, atau simpan di tempat yang tidak mudah dijangkau oleh anak – anak selama tidak dipakai.

2.    Memakai pisau hanya untuk memotong. Jangan memakai pisau untuk membuka sesuatu, mencongkel atau apapun. Karena menyalahgunakan benda bisa mengakibatkan sesuatu yang tidak diinginkan.

3.    Hindari menangkap pisau saat terjatuh. Iya kalau sasaran menangkap pisau bisa tepat, kalau tak tepat bisa saja cedera pada tangan atau yang lainnya. Biarkan saja pisau terjatuh.

4.    Hati – hati saat membawa pisau, jangan mengayunkan tangan dan bagian tajam menghadap ke bawah.

5.    Jika ingin mencuci pisau, jangan meletakannya dahulu di dalam cucian air sampai pisaunya tidak kelihatan / tertutup air, karena dapat membahayakan tangan kita. Jika ingin mencuci pisau sebaiknya cuci langsung saja. Dan cuci pisau dengan hati, bagian pajam diusahakan jauhkan dari badan.

6.    Memakai telenan. Jangan lupa juga memakai telenan / alas yang seharusnya ya saat memotong, jangan memakai lapisan meja metal.

7.    Memakai serbet sebagai las telenan supaya tidak licin (jika diperlukan).


8.    Setelah menggunakan peralatan dapur, segera cuci bersih, bersihkan dan letakkan ke tempat semula.

Ada tambahan guys ? 😊

0 komentar:

Posting Komentar