Subscribe:

Senin, 16 Januari 2017

Tips Jadi Bos Ideal



Hasil gambar untuk bos ideal


Meski masih junior, bukan berarti anda tidak bisa menjadi atasan ideal. Karena, ideal tidaknya seorang atasan , tidak berdasarkan pada banyak atau sedikitnya pengalaman, atau tua – mudanya usia.
Tapi, tergantung pada diri sendiri. Memang ini bukanlah hal yang mudah, dan perlu usaha maksimal untuk mencapainya. Tapi, bukankah itu tantangannya ? Anda harus menunjukkan pada mereka yang meragukan anda , bahwa anda memang layank dan mampu menempati posisi tersebut. Lalu, bagaimana menjadi atasan ideal ? simak tips dibawah. J

1.    Memberi teladan yang baik bagi anak buah. Menduduki jabatan tinggi bukan berarti dapat berlaku seenaknya saja. Tingkatkan disiplin diri dan belajarlah untuk bisa mengendalikan diri di berbagai keadaan. Anda juga harus bisa menjadi penengah, pendengar dan pengarah yang baik.

2.    Jangan terlalu sering menyembunyikan sesuatu dari anak buah, karena itu dapat berakibat buruk bagi diri sendiri. Pilahlah dengan bijak mana informasi yang yang harus dibagi dan yang tidak perlu diungkapkan. Sebab, jika anda menyimpan semua informasi sendiri tanpa berpartisipasi kepada anak buah, bisa jadi mereka akan bersikap apatis kepada anda. Dan ketika anda butuh bantuan, mereka tidak akan membantu anda.

3.    Bersikap manusiawi. Anda harus menunjukkan bahwa anda membutuhkan bantuan orang lain, bukan manusia yang bisa menyelesaikan semua pekerjaan sendiri.

4.    Bisa bekerja sama. Bergaullah dengan karyawan jika ada ada waktu senggang, dan jangan bersikap eksklusif.

5.    Catat tujuan yang ingin anda capai dalam setiap kurun waktu, misal dalam enam bulan ke depan target apa yang ingin anda capai satu tahun berikutnya, dan seterusnya. Jangan ragu untuk mengomunikasikan visi misi anda kepada bawahan.

6.    Menerima kritik saran dari orang lain, meski pahit kedengarannya. Disinilah jiwa besar anda akan terlihat dengan sendirinya.

7.    Tegas. Karena sekarang andalah pemegang kendali dan pemegang keputusan. Berpikir dan bertindaklah dengan cepat dan benar. Meski anda masih muda, anda adalah seorang atasan. Jadi jangan mudah terpengaruh oleh orang lain atau menelan laporan mentah – mentah bawahan anda, sekalipun karyawan senior.

8.    Bersikap aktif dan proaktif dalam bekerja. Jangan hanya menunggu laporan anak buah, tapi sesekali terjun juga ke lapangan. Ini akan membuat bawahan bersikap peduli terhadap anda.

Semoga berhasil 😍


0 komentar:

Posting Komentar